• Jelajahi

    Copyright © Karawang Channel
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    DPRD Bakal Menggodok Raperda Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Karawang

    Selasa, 30 April 2024





    KARAWANGCHANNEL.COM - DPRD Kabupaten Karawang bakal menggodok Raperda pencegahan dan penanggulangan stunting di Karawang. Hal itu diungkapkan Ketua Pansus Raperda Pencegahan dan Penanggulangan Stunting DPRD Kabupaten Karawang, Taman.



    Dikatakannya, Setelah selesai melakukan studi koperatif dan sharing ke sejumlah daerah di dalam Provinsi Jawa Barat, atau pun luar provinsi beberapa waktu lalu, pihaknya mendapatkan sejumlah masukan berharga untuk pembentukan Raperda soal stunting di Karawang.



    "Kita kemarin melakukan studi koperatif ke DPRD Kabupaten Bandung Barat, Dinkes Kota Bandung, Dinkes Kabupaten Purwakarta, Kanwil Kemenkumham Provinsi Jabar dan Dinkes Kota Jambi. Dari studi tersebut, kita mendapatkan masukan berharga untuk bahan kita menggodok Raperda stunting di Karawang," Ungkap Taman.



    Selaim itu, kata Taman, dari beberapa kota/ kabupaten dikunjungi menekankan adanya komitmen dari pimpinan dan kolaborasi dari dinas terkait. Intervensi yang dilakukan pemerintah yaitu, Intervensi spesifik dan intervensi sensitif.



    Menurutnya, Intervensi Spesifik merupakan kegiatan yang langsung mengatasi penyebab terjadinya stunting dan umumnya diberikan oleh sektor kesehatan sebesar 30% seperti asupan makanan, pencegahan infeksi, status gizi ibu, penyakit menular dan kesehatan lingkungan.



    Kemudian, Intervensi Sensitif ( intervensi yang secara tidak langsung memengaruhi kejadian stunting ) sebesar 70%,  misalnya perbaikan pola asuh, pemberian bantuan sosial, penyediaan sarana air bersih dan jamban yang sehat.

     


    "Diperlukan suport juga dengan adanya Anggaran, SDM dan Program serta pelaporan, pendampingan, dan pengawasan dari Pemerintah Daerah," Katanya. 



    Ia juga menyebut tidak kalah penting Peran serta keluarga mencegah stunting pada setiap fase kehidupan. "Mulai dari janin dalam kandungan, bayi, balita, remaja, menikah, hamil, dan seterusnya perlu diperhatikan mengingat," Imbuhnya.



    Taman menambahkan, perlu adanya peran serta masyarakat menjaga sanitasi dan lingkungan yg sehat, peran serta swasta/perusahaan memberikan bantuan CSR dalam mencegah dan menanggulangi Stunting di Kabupaten Karawang.

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Berita Update