• Jelajahi

    Copyright © Karawang Channel
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Tips Jaga Kesehatan Tubuh Selama Berpuasa, Simak Selengkapnya!

    Minggu, 24 Maret 2024


    Dokter Spesialis Gizi RSUD Karawang, Davie Muhamad 




    KARAWANGCHANNEL.COM - Syarat menjalankan ibadah puasa Ramadhan ialah sehat jasmani dan rohani. Oleh sebab itu, sangat penting bagi orang yang berpuasa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh agar mampu berpuasa sebulan penuh.



    Untuk menjaga kesehatan tubuh kita saat berpuasa, Dokter Spesialis Gizi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, Davie Muhamad memberikan tips menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat menjalankan ibadah puasa, salah satunya dengan berolahraga.



    Sebagaimana yang dikatakan Davie, waktu yang tepat untuk olahraga bagi pemula selama Bulan Ramadhan dapat dijalankan saat 30 menit sebelum berbuka puasa, Dengan standar waktu tidak lebih dari 150 menit.



    "Bisa saja olahraga di bulan puasa tapi olahraga tidak dapat dipaksakan. Durasi minimal 30 menit sehari selama 5 hari lalu intensitasnya yang ringan seperti jalan santai. Di bulan Ramadhan anjurannya untuk yang belum pernah olahraga bisa dilakukan 30 menit sebelum buka puasa," Kata Davie.



    Selanjutnya, Ia juga menganjurkan bagi orang yang berpuasa agar banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi seperti buah kurma saat berbuka puasa.



    "Sebenarnya untuk buka puasa secara agama memang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan manis dan jika dikaitkan dengan teori kesehatan itu juga benar karena untuk mengembalikan kadar gula darah yang turun selama puasa. Hanya jangan sampai mengkonsumsi manisnya terlalu banyak karena kalau terlalu banyak kurang bagus. Apalagi jika semua manis akan memicu kenaikan berat badan karena penyimpanan masa lemak di dalam tubuh akibat asupan gula yang berlebihan. Secukupnya saja dengan buah potong atau kurma 3 butir setelah itu dijeda terlebih dahulu kemudian makan besar," Jelasnya. 



    Tidak hanya itu, Davie juga menyampaikan, jangan terlalu makan berlebih dan harus makan makanan sesuai kebutuhan gizi saat berbuka puasa.



    "Takaran makanannya sama seperti ISI PIRINGKU hanya jadwal makannya saja. Kalau tidak berpuasa disarankan 3 kali sehari, tapi kalau sedang berpuasa hanya dua kali makan dengan ISI PIRINGKU tadi ketika berbuka dan saat sahur. Pesan saya kita harus pisahkan antara diet dan ibadah. Selama bulan puasa ini, utamanya kita niatkan untuk ibadah dulu. Bulan Ramadhan ini bisa menjadi momentum untuk kita bisa pola hidup sehat," Tandasnya.

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Berita Update