Ditengah Pandemi, Mahasiswa KKN Unsika Jalankan Program Kerja "Masyarakat Sadar Hukum" Melalui Daring -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Ditengah Pandemi, Mahasiswa KKN Unsika Jalankan Program Kerja "Masyarakat Sadar Hukum" Melalui Daring

Wednesday, November 18, 2020


KARAWANGCHANNEL - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Sigaperbangsa Karawang (UNSIKA) tetap melaksanakan Pengabdian di tengah Pandemi COVID-19. Memanfaatkan ruang media sosial, mahasiswa UNSIKA Kelompok Tema Perancangan Peraturan Daerah Regulasi Perancangan Peraturan Daerah dalam Peningkatan Peran Serta Masyarakat yang Sadar Hukum Berdasarkan Kearifan Lokal di Kabupaten Karawang menjalankan program kerja melalui daring.


Salah satu kegiatan program kerja yang dilaksanakan melalui daring ialah Sosialisasi Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin di Kabupaten Karawang. Kegiatan ini dilakukan guna mendukung program "Bantuan Hukum" yang telah di sosialisasikan oleh Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Jawa Barat maupun Organisasi Bantuan Hukum khususnya di Kabupaten Karawang.


Menurut Ketua Koordinator KKN, Rio Ramadhan Hutasuhut program ini bertujuan untuk menjawab banyaknya pertanyaan di tengah masyarakat, ketika hendak mendapati masalah hukum baik pidana, perdata atau tata usaha negara yang berkaitan dengan litigasi menjadi problematika tersendiri di tengah masyarakat ditambah lagi kondisi masyarakat yang tengah dikategorikan kurang mampu atau miskin.


Program Kerja tersebut diunggah ke halaman YouTube Channel KKN UNSIKA RAPERDA 2020 pada Sabtu (31/10/2020). Link YouTube : https://youtu.be/Wi1J1uEgxAQ


Menurut Rio program ini merupakan langkah konkret selain program kerja lapangan, namun karena masih dalam situasi Pandemi COVID-19 seperti ini, tidak menghilangkan substansi dari program tersebut. "Sosialisasi ini bertujuan untuk menyadarkan penting nya mengetahui tata cara, hak dan kewajiban, dan mendapatkan pendampingan hukum bagi masyarakat miskin khusus nya di Kabupaten Karawang," ucap Rio.


Kemudian Bidang Riset, Strategi dan Inovasi, Erdin mengatakan mahasiswa harus berani melakukan aksi turun tangan yang nyata mendampingi dan memberitahu kepada masyarakat luas seperti yang dilakukan mahasiswa KKN UNSIKA RAPERDA. "Besar harapan kami hal ini di sosialisasikan di Karawang demi terwujudnya masyarakat Karawang yang sadar hukum dan Jabar Juara," katanya.


"Masyarakat sadar hukum bukan lah sebuah angan belaka. Namun masyarakat sadar hukum harus menjadi perhatian utama bagi pemangku kebijakan, khususnya penegak hukum serta organisasi bantuan hukum lainnya.", ujar Rio Ramadhan Hutasuhut dalam closing statementnya selaku Ketua Koordinator KKN. (FW)