Penguatan Kelembagaan Mulai dari Desa hingga RT Dinilai Mampu Tekan Penyebaran Covid-19 -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Penguatan Kelembagaan Mulai dari Desa hingga RT Dinilai Mampu Tekan Penyebaran Covid-19

Sunday, October 11, 2020


KARAWANGCHANNEL - Kabupaten Karawang saat ini mengalami peningkatan pasien Covid-19 cukup signifikan, sehingga Kabupaten Karawang masuk zona merah.


Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang, H. Acep Jamhuri menyebutkan pihaknya perlu mengambil langkah konkret untuk pencegahan penyebaran covid 19 melalui penguatan kelembagaan mulai dari wilayah Desa-RW-RT. Namun hal itu menurutnya perlu dukungan kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.


"Kita akan melakukan penguatan kelembagaan ditingkat desa hingga sampai ketingkat RT melibatkan masyarakat secara masif dalam menekan penyebaran Covid-19." tandas Acep Jamhuri disela sela kegiatan Liga IPSI di GOR Panatayuda Karawang, Minggu Sore (11/10/2020).


Ia mengaku merasa prihatin melihat kondisi saat ini. Pihaknya  meminta kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan hingga pandemi ini selesai.


Ia meminta, setiap warga harus dilibatkan dalam menekan penyebaran covid-19 melalui lingkungan RT-RW-Desa. Jadi setiap warga dilingkunganya masing masing memiliki peranan dalam menekan penyebaran Covid-19. 


Pihaknya menilai tindakan preventif ini cukup efektif menekan penyebaran covid 19 jika lembaga di tingkat RT, RW hingga Desa bersama-sama bergerak mencegah penyebaran covid 19.


Meski saat ini penyebaran Covid-19 sudah masuk klaster industri, namun kata Acep Jamhuri  tentunya berdampak kepada lingkungan pemukiman. Sebab karyawan yang bekerja di perusahaan industri, tinggalnya juga di pemukiman penduduk. 


Ia mewanti wanti disiplin menjalankan protokol kesehatan penting dilaksanakan masyarakat untuk mencegah terjadinya penularan, terlebih asal covid-19 di Karawang berasal dari daerah lain hingga warga Karawang tidak mengetahui siapa sudah tertular.


"Setiap warga wajib terapkan protokol kesehatan setiap saat jika kita keluar rumah," pungkasnya. (BOB)