Dinas Perikanan Karawang Gandeng APiK Dalam Memajukan Sektor Perikanan -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Dinas Perikanan Karawang Gandeng APiK Dalam Memajukan Sektor Perikanan

Friday, September 11, 2020


KARAWANGCHANNEL - Rapat konsolidasi APiK (Asosiasi Perikanan Karawang) dengan Dinas Perikanan Kab. Karawang dipimpin dan dibuka langsung oleh kepala Dinas Perikanan Karawang Bpk. Hendro, ia berpesan pada pengurus dan anggota terkait potensi-potensi perikanan yang ada di Karawang. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan Karawang menyampaikan beberapa program kegiatan yang akan dikerjakan bersama dengan APiK.


Dalam sambutan Kepala Dinas Perikanan Karawang menegaskan bahwa dengan dibentuknya APiK mudah-mudahan membawa nuansa baru di kota Pangkal Perjuangan, mengingat potensi perikanan di Kab. Karawang yang cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari data-data yang ada di Dinas Perikanan Karawang.


"Pengelolaan sumber daya perikanan di Kabupaten Karawang harus lebih dioptimalkan lagi, antara lain pengelolaan hasil perikanan, budidaya perikanan, tangkap, tambak garam serta Ikan hias." Ungkapnya.


Sementara ditempat yang sama, Nugraha, ketua Apik yang baru saja terpilih, dalam sambutannya mengatakan bahwa kedepan APiK harus lebih dalam lagi berinteraksi dengan masyarakat.


"Apik merupakan lembaga Asosiasi yang dibangun secara partisipatif kesamaan tujuan dari masyarakat pelaku usaha dibidang perikanan dan didefinisikan sebagai wadah Komunikasi, Advokasi, Pendampingan serta Konsultasi antar Kelompok Sasaran." Tutur Nugraha.


"Kelompok sasaran yang beraktifitas di Desa perikanan dengan berbagai stakholder terkait, untuk menumbuhkan entrepreneurship serta mengubah orientasi usaha kelompok sasaran dari skala subsisten keskala komersil." Sambung ketua APiK.


Dilandasi dari arahan Dinas Perikanan Kab. Karawang, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat serta Inpres No.7 tahun 2016 tentang percepatan Pembangunan Perikanan Nasional, maka yang menjadi tujuan APiK adalah untuk menumbuh kembangkan semangat kewirausahaan pada kelompok sasaran melalui Fasilitas, Pendampingan, Bimtek, sertifikasi dan Magang dengan cara melakukan pendekatan pemberdayaan masyarakat perikanan. (FW)