Tak Kantongi Izin, Pembangunan Perumahan Elit Rolling Hills Harus Dihentikan Sementara -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Tak Kantongi Izin, Pembangunan Perumahan Elit Rolling Hills Harus Dihentikan Sementara

Tuesday, August 4, 2020
KARAWANGCHANNEL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang melalui Komisi I menegaskan pembangunan perumahan elit Rolling Hills harus dihentikan sementara.

Hal ini terkait sejumlah dokumen perijinan yang belum dipenuhi oleh perusahaan PT. Karawang Jabar Industrial Estate (KJIE).

Demikian dikatakan Wakil Ketua Komisi I Ir.H.Danu Hamidi usai melaksanakan dengar pendapat (hearing) dengan sejumlah OPD dan organisasi masyarakat (ormas) yang mengatasnamakan Sundawani dan Kompak di Ruang Rapat I DPRD Karawang, Selasa (04/08/2020).

Danu Hamidi menyebutkan pihaknya mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan pembanngunan sementara berdasarkan aspirasi dari masyarakat.

 "Selagi pihak pengembang PT.KJIE ini belum melengkapi perijinan, maka pembangunan harus dihentikan,"tandas Danu Hamidi.

Menurut Danu Hamidi, persoalan perumahan Rolling Hills yang lokasinya berada di area Kawasan International Industri Center (KIIC) ini cukup dilematis karena peran serta pemerintah daerah hanya mencakup 6 persen saja, sedangkan 94 persen milik swasta. Hal ini berkaitan dengan regulasi yang ada.

Pihaknya juga meminta kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP sebagai penegak Perda untuk melayangkan surat teguran kepada pihak pengembang PT.KJIE.

Semestinya pemerintah daerah harus melakukan kajian secara komprehensif. Terlebih perusahaan KJIE belum terdaftar sebagai KLIK.

Dalam hearing tersebut, kata Danu, bukan hanya persoalan Pembangunan perumahan Rolling Hill saja, namun perlu diperhatikan juga oleh Pemkab Karawang soal Kali Cikalapa. Sebab perlu adanya normalisasi Kali Cikalapa yang melintasi daerah kawasan industri (KIIC). Misalnya saja perlu dibangun embung untuk penampungan air agar tidak menyebabkan terjadinya banjir.

Ditempat terpisah Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karawang Drs. Asep Wahyu mengatakan pihaknya hari ini akan melayangkan surat teguran kepada PT.KJIE selaku pengembang perumahan Rolling Hills.

Surat teguran tersebut, kata Kasat Pol PP, Pihaknya meminta agar menghentikan sementara kegiatan pematangan lahan dan pembangunan perumahan Rolling Hills sebelum menempuh terlebih dahulu perijinan yang diperlukan. (FW)