Industri Kopi di Karawang Meningkat, Ini Kata Tito, Ketua Komunitas Kopi -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Industri Kopi di Karawang Meningkat, Ini Kata Tito, Ketua Komunitas Kopi

Tuesday, August 18, 2020

KARAWANGCHANNEL - Di Karawang, kopi sudah menjadi daya tarik bagi semua kalangan, mulai dari orang tua, hingga kaum milenial, sudah tahu tentang kopi. Begitu juga perkembangan tentang perkumpulan komunitas-komunitas pegiat kopi. Kali ini kami menghampiri dan berkomunikasi langsung dengan pentolan atau ketua dari Karawang Menyeduh yaitu Tito Herdiyanto, kami mencoba mengupas dari pandangan pribadi Tito tentang Soal menyoal Industri Kopi di Kabupaten Karawang ini. 


Dalam perbincangan hangat ia menjelaskan, jika semakin banyak kedai atau coffee shop yang mengatas namakan kopi, semakin banyak pula market kopi di Karawang dan menjadi dampak baik secara menyeluruh bahwasanya kopi sudah banyak digandrungi oleh semua kalangan, ya seperti fase sekarang ini, saat penikmat kopi sudah tahu soal metode atau proses untuk secangkir minuman kopi.


Ia pun menjelaskan dengan singkat bagaimana saat Penikmat kopi dari awal gelombang pertama yang hanya untuk memenuhi kebutuhan minum kopi saja, lanjut kefase ke-dua dimana penikmat kopi sudah memperhatikan soal kualitas, membuat inovasi seperti menambah campuran atau varian rasa untuk minuman kopi dan membuat tempat khusus untuk minuman dan soal-soal kopi. 


Lebih lanjut Tito menjelaskan dalam fase atau gelombang ketiga seperti di era sekarang, orang-orang sudah sangat rinci untuk meminum kopi, seperti sangat lumrah jika customer di coffee shop bertanya soal dari mana asal kopi, proses pertanian sampai bermunculnya teknik atau metode seduh kopi yang baru. 


Disela perbincangan, Tito menyelipkan harapan agar kedepannya lebih banyak lagi pegiat kopi entah itu dalam segi kualitas, konsep, knowledge atau bisnis kopi nya, yang juga sekaligus bisa membuat Karawang menjadi opsi utama dan tujuan penikmat kopi dari luar daerah untuk menikmati kopi di tanah Karawang.


Sebagai penutup Tito menjelaskan apa saja poin penting dan saran menurut Tito untuk Pengusaha/Pegiat Kopi dan Calon Pengusaha kopi di Kabupaten Karawang.


"Soal Kualitas, konsep serta edukasi tentang kopi harus terus dijalankan, Karena penikmat kopi akan sangat banyak, mengingat di seluruh dunia hampir setiap orang menyukai kopi." Ungkapnya. 


Sambil menutup perbincangan ia sempatkan mengutip sebuah quote dari seorang pegiat kopi idolanya sendiri.


"Seperti kata Om Toni Wahid, Kopi adalah Minuman Berkah bagi seluruh umat ". Pungkasnya. 



Deni Ramdhan