Herno : Manual Brewing Jadi Tren Ngopi di Karawang -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Herno : Manual Brewing Jadi Tren Ngopi di Karawang

Friday, August 21, 2020
KARAWANGCHANNEL - Kali ini kami berkesempatan untuk menemui A Herno Herdiyanto, owner dari Lingga Coffee yang bertempat di Walahar Kabupaten Karawang, Beliau adalah mantan dari Wakil ketua komunitas Karawang Menyeduh (priode 2019) A Herno biasa di sapa Onyo, beliau sudah memulai bisnis kopi dari tahun 2016 tepatnya Maret, memulai hanya dengan dua meja dan alat-alat khas Manual Brewing.

Menurut pengalaman nya, Iya pernah berpindah-pindah lokasi untuk hanya sekedar memperkenal luaskan Soal produk kopi yang ia sediakan, dari mulai harga 10ribu yang menurutnya bagi pelanggan masih terbilang mahal mengingat dulu pada umum nya masyarakat hanya ngopi dari kopi shacet-an. 

A Onyo butuh Setengah Tahun untuk memperkenalkan atau mengedukasi soal kopi pada masyarakat luas. Untuk mengenalkan suatu produk manual brew harus ekstra dalam pendekatan soal minuman kopi hasil dari Manual brew.

"Dulu banyak Coffee shop hanya jarang ada yang menawarkan seduhan kopi dengan yang namanya Manual brew, dari pendekatan sampai edukasi dengan customer sangat minim, mengingat dulu coffee shop tidak sedekat seperti sekarang." ungkap nya. 

Setelah 6 bulan berlalu menceritakan bahwa kopi tidak sesederhana dalam bungkus sachet lalu di kucek saja, menurut nya metode penyeduhan dengan manual brew itu bermacam-macam semisal contoh V60, siphon, kalita, moka pot, rokpresso ( espresso maker ) dan lainnya. Menurutnya berbeda dripper atau alat manual brew pasti akan menghasilkan karakter yang berbeda dari minuman kopi nya. 

Menurutnya, Jika kita mau untuk mencoba dari bisnis kopi ini, harus bisa yang namanya promosi lebih soal karakteristik dari kopi yang disediakan, karena manual brew tidak sesederhana menuangkan air panas dan pada dripper dan server kopi nya, dari pengetahuan soal kopi apa yang kita sediakan seperti, proses pasca panen, profil sangrai, jenis kopi nya Arabika atau robusta dan lainnya, berikut pemeliharaan alat sampai bagaimana kita harus memberi kesan positif saat sedang bersikap menghadapi customer.

Iya pun menjelaskan tentang nilai-nilai positif tentang meluasnya industri kopi di Kabupaten Karawang, seperti meningkatnya perekonomian daerah serta petani kopi Indonesia yang setia merawat pertanian demi kualitas minuman kopi yang kita minum. 

Deni Ramdhan