Lukman N. iraz Sebut Mengatasi Pengangguran Harus Diawali Dari Pendidikan -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Lukman N. iraz Sebut Mengatasi Pengangguran Harus Diawali Dari Pendidikan

Saturday, July 25, 2020
KARAWANG - Seiring dengan pembangunan di Kabupaten Karawang yang makin berkembang pesat, maka dipandang perlu bagi pemerintah daerah menyiapkan tenaga kerja siap pakai untuk kebutuhan industri.

Ketua KNPI Kabupaten Karawang Lukman N. IRAZ mengungkapkan hal itu kepada awak media, usai acara syukuran HUT ke-47 KNPI bertempat di Gedung KNPI, Jumat (24/07/2020).

Dikatakanya, menyiapkan tenaga pakai tersebut dalam upaya mengatasi masalah pengangguran. Hal itu diawalinya dari pendidikan. Misalnya saja saat ini banyak hotel yang dibangun di Karawang, namun sekolah perhotelan sangat minim.

Kemudian banyak sekali perusahaan industri  yang mengandalkan bahan bakunya dari bahan kimia, namun di Karawang sendiri belum ada sekolah analis kimia dan masih banyak lagi yang lainya.

"Sudah saatnya hal ini harus dipikirkan oleh pemerintah daerah guna meningkatkan sumber daya manusia,"tutur Lukman.

Diakuinya, berbicara masalah pengangguran sangat kompleks, sebab musababnya saling terkait. Salah satunya menyangkut sumber daya manusia yang sangat kompetitif.

Realitas yang ada, warga Karawang lebih memilih ingin bekerja di pabrik ketimbang wirausaha atau menciptakan lapangan kerja sendiri.

"Sudah tentu mindset orang Karawang harus dirubah." tutur Lukman.

Ia menambahkan, pihaknya sebagai wadah pemuda tergerak untuk melatih warga Karawang agar memiliki keahlian khusus. Diantaranya mendidik dan melatih service AC. .

"Saya berharap setelah dididik service AC  menjadi mata pencaharian kedepanya." imbuhnya. (Bob)