Pemkab Segera Bangun Jalan Khusus Pesepeda -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Pemkab Segera Bangun Jalan Khusus Pesepeda

Wednesday, July 8, 2020
KARAWANGCHANNEL - Ada kabar gembira bagi masyarakat  yang memiliki hobi olah raga sepeda (para goweser) karena Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang rencananya akan membuat jalur sepeda tahun depan.

Jalur sepeda akan dibuat di Jalan Ahmad Yani, Tujuh Pahlawan Revolusi, Galuhmas dan Tarumanegara. Nantinya jalur sepeda tersebut bakal dibuat secara ideal. Sehingga  jangan takut keserempet kendaraan lain saat sedang gowes.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang Arif Maryugo membenarkan akan dibangun jalur untuk  olah raga sepeda bagi masyarakat.

Pihaknya akan mengusulkan  beberapa jalur sepeda dibangun tahun 2021 dan Lokasinya kemungkinan di Jalan Ahmad Yani, Tujuh Pahlawan Revolusi, Galuhmas dan Tarumanegara.

"Kita coba usulkan untuk dianggarkan,"  ungkap Arif Maryugo, Senin (6/7/2020).

Kata Arif, jalur sepeda merupakan sarana yang penting. Memang sudah ada di Jalan Siliwangi tapi akan kita benahi dulu seiring pelebaran jalan tersebut. Menurutnya jalur sepeda merupakan sarana publik yang harus mulai dipikirkan. Sebab, pengguna sepeda di Karawang semakin banyak.

Salah seorang komunitas sepeda dari Bike to Work Muhammad Syahrul Ramdhani menyebutkan berdasarkan pendataan komunitas Bike to Work Indonesia, pengguna sepeda di Karawang sudah mencapai sekitar 10 ribu orang.

"Kami peroleh data itu dari survey ke seluruh komunitas penggemar sepeda di Karawang," ucap Muhammad Syahrul.

Syahrul mengaku menyambut dengan gembira rencana Dishub Karawang tersebut. Dipastikan, jalur sepeda jadi hal yang ditunggu-tunggu para goweser di Karawang. Sebab jalur sepeda jadi salah satu indikator suatu kota bisa disebut moderen dan maju.

Sementara Pemerintah telah membuat aturan ihwal jalur sepeda. Dalam Undang-Undang RI No.22 Tahun 2009 Terkait dengan Sepeda dan Pejalan Kaki. Dalam undang-undang itu disebut jika pemerintah harus memberikan kemudahan berlalu lintas bagi pesepeda. Adapun, ayat dua menyebutkan, pesepeda berhak atas fasilitas pendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas. (BOB)