Karawang Kekurangan Tenaga Pustakawan dan Arsiparis -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Karawang Kekurangan Tenaga Pustakawan dan Arsiparis

Wednesday, July 29, 2020
KARAWANGCHANNEL - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karawang kekurangan tenaga pustakawan dan arsiparis karena tenaga yang ada hanya memiliki sebanyak 2 orang tenaga pustakawan dan 1 orang tenaga arsiparis.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karawang Drs. Ade Mahmud mengakui hal itu jelang persiapan kegiatan revitalisasi perpustakaan dan kearsipan, Rabu (29/07/2020).

Dijelaskan, kekurangan tenaga tersebut pihaknya melatih tenaga yang ada agar dapat mengoptimalkan peran serta sebagai tenaga pustakawan dan arsiparis dalam melaksanakan berbagai progran kegiatan perpustakaan dan kearsipan.

"Idealnya untuk tenaga pustakawan dan arsiparis masing masing 10 orang,"terang Ade Mahmud.

Untuk perpustakaan, kata Ade Mahmud, pihaknya saat ini sudah membuat aplikasi berbasis online. Layanan aplikasi tersebut adanya di playstore E-Book. Tujuan layanan online tersebut guna mendongkrak minat baca masyarakat.

Dengan adanya perpustakaan berbasis online ini dapat memudahkan masyarakat sebagai acuan referensi atau dapat menambah ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhanya.
Pihaknya juga menyediakan studio mini untuk kebutuhan sumber informasi atau pun kegiatan lainya.

Selain itu pihaknya juga sudah menyediakan 5 unit mobil pintar perpustakaan keliling keberbagai pelosok daerah wilayah Kabupaten Karawang.

Ia juga meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar melaksanakan tertib arsip,sehingga dokumentasi yang dimiliki OPD tidak akan hilang. (Bob)