Polres Karawang Ringkus 20 Tersangka Pengedar Narkoba

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Polres Karawang Ringkus 20 Tersangka Pengedar Narkoba

Thursday, June 18, 2020
Karawang Channel - Satuan Reserse Narkoba Polres Karawang  berhasil menangkap para pelaku pengedar dan bandar narkoba.

Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin, S.I.K,MH didampingi Kasat Narkoba AKP Agus Susanto mengungkapkan hal itu saat konfrensi pers,Kamis (18/6/2020).

Dijelaskanya, dari 15 kasus tersebut, sebanyak 20 orang pelaku berhasil ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka.
Hal itu berdasarkan pemeriksaan penyidik terhadap para pengedar yang tertangkap  mendapatkan barang bukti dari bandar atau pengedar di luar wilayah Karawang.

Menurut Kapolres, sebanyak 20 orang tersangka  latar belakangnya para pekerja dan karyawan/buruh. Sedangkan target sasaran para pengedar yaitu sesama rekan kerja maupun tetangga tempat tinggal sendiri yang bertujuan untuk keamanan para pengedar dalam melakukan aksinya.

Dijelaskan, pada kasus narkoba kali ini untuk mengelabui petugs ada modus baru yang dilakukan para pengedar yaitu memasukan ganja kedalam pipa.
"Barang bukti yang diamankan dari tangan tersangka sebanyak 35 paket sabu - sabu, 6 paket ganja, 52.350 butir obat - obatan, 42 butir pil ektasi dan 15 unit handpone,"jelas Kapolres.

Sementara para tersangka atau pengedar obat keras tertentu dikenakan Pasal 196 UU No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara. Dan pengedar psikotropika dijerat Pasal 62 UU RI No. 05 Tahun 1997 tentang psikotropika dengan ancaman hukuman 5 tahun. Sedangkan pengedar atau bandar sabu akan dijerat dengan Pasal 114 jo 112 UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman minimal 4 tahun dan maksimal seumur hidup atau hukuman mati.(BOB)