Mahasiswa UBP Keluhkan Pembelajaran Daring -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Mahasiswa UBP Keluhkan Pembelajaran Daring

Saturday, April 4, 2020
KARAWANG - Pandemi COVID-19 membuat mahasiswa UBP Karawang harus menjalankan kuliah sistem daring sejak Surat Edaran Rektor Nomor: 075/R/UBP/III/2020. Beberapa mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang memberi tanggapan terkait perkuliahan daring (03/04).

Azis Maulana (21) Mahasiswa Semester 4 ini mengatakan, Sejak turunnya surat edaran dari kampus UBP, di sana disebutkan bahwa kuliah melalui proses daring atau online.

Dirinya mengaku heran melihat surat edaran tersebut karna sebelumnya belum pernah melaksanakan kegiatan daring, alhasil kurangnya sosialisasi membuat mahasiswa kebingungan dengan sistem tersebut, bahkan ada beberapa dosen masih melakukan perencanaan dan bahkan tidak mengerti, sehingga akhirnya memberikan tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa.

“Banyak kendala, permasalahannya adalah apa yang tadi disebutkan bahwa kurangnya sosialisasi dan persiapan membuat semua kebingungan bahkan bertanya apa yang di maksud daring? Mungkin seiring berjalannya waktu semua bisa kondusif dan lambat laun kita menemukan bahwa, ada salah satu aplikasi yang bernama Zoom itu bisa digunakan untuk perkuliahan daring." Katanya.

"Memang, kendala masih ada entah dari sinyal atau pun mahasiswa yang notabenenya sulit dalam ekonomi harus gencar membeli kuota yang tak biasanya,
Ini bisa saja terlaksana dengan baik, setelah semuanya mengerti. Untuk sekarang sistem ini belum berjalan maksimal" ungkapnya.

Sementara mahasiswa semester 4, Fajar Febriansyah (21), mengaku masih merasa bingung dengan pembelajaran daring.

"Menurut saya ini masih kurang sosialisasi, namun tentunya bagaimanapun keadaannya kawan-kawan mahasiswa harus tetap belajar dengan baik. Jangan sampai karena perkuliahan secara daring kita malah leha-leha, kita harus tetap serius dalam menyimak materi yang diberikan oleh dosen. Jangan sampai kuota sekarat tapi ilmu tidak dapat”. Ujarnya.

Ditambahkan juga oleh Devi Aryanti, Seorang Mahasiswi Semester 2, bahwa sejak adanya sistem daring, belajar menjadi lebih santai dan tidak terpaut dengan waktu karena jadwal sudah ditentukan sebelumnya.

“Harapan saya, walaupun saat ini sedang terjadi wabah dan mengharuskan kita menjalankan kuliah online, teman-teman yang lain bisa tetap mengikuti aturan dari kampus, jangan pernah mengeluh dan tetap semangat dalam hal belajar” Pungkasnya. (Dul)