Fasilitas Dapur Umum Efektif Tanggulangi Warga Terdampak Covid-19 -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Fasilitas Dapur Umum Efektif Tanggulangi Warga Terdampak Covid-19

Thursday, April 16, 2020
KARAWANG - Sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat sudah memberlakukan Pembatas Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun di Kabupaten Karawang pemberlakuan PSBB masih menuai pro kontra.

Menanggapi hal itu Komisi 1 DPRD Kabupaten Karawang Deddy Indrasetiawan,SE menyatakan, persoalan PSBB merupakan tanggung jawab kita bersama dalam mencegah penyebaran wabah Covid 19. Jika Kabupaten Karawang ingin mengusulkan PSBB perlu adanya kesiapan dan kesadaran dari masyarakat juga dalam mencegah wabah Covid 19. Jangan sampai jika persoalan PSBB diberlakukan tapi disisi lain masyarakat mengindahkan himbauan dari pemerintah.

"Percuma saja. Jadi semuanya berpulang kepada masyarakat. PSBB akan berhasil jika didukung oleh seluruh komponen masyarakat,"papar Deddy.
, Jumat (17/4/20).

Persoalan lainya, lanjut Deddy, jika PSBB sudah diberlakukan tentunya segala kegiatan aktivitas atau kegiatan usaha akan vakum, kecuali kegiatan usaha yang menyediakan sembako.

Untuk hal itu lebih efektif adanya penyediaan fasilitas Dapur Umum disetiap desanya selama PSBB berjalan. Sehingga kebutuhan masyarakat akan pangan terpenuhi dan merata, tidak ada kecemburuan satu sama lainya akibat Terdampak wabah Covid 19.

Menurut Deddy, alokasi dana desa yang diperuntukkan pencegahan Covid 19 lebih baik dialokasikan untuk penyediaan Dapur Umum.

Adanya fasilitas Dapur Umum untuk warga yang Terdampak Covid 19 dapat mengcover semuanya. Hal ini untuk mengatasi warga  Terdampak Covid 19 yang tidak terdata.
Sebab masih banyak data warga yang diusulkan guna menerima bantuan,tapi ekspektasinya tidak sesuai harapan.

"Kita mengusulkan fasilitas Dapur umum disetiap desa merupakan solusi alternatif untuk pemerataan bagi warga yang Terdampak covid 19 yang menyebabkan warga miskin baru,"imbuh Deddy.

Ia menambahkan, selain itu diperlukan juga adanya subsidi silang antar desa. Misalnya saja diwilayahnya desa pesisir mata pencaharian warganya memproduksi ikan hasil dari laut dan ini dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di desa lainya sebagai lauk pauknya.

"Jadi suka dan duka dapat dirasakan masyarakat demi suksesnya PSBB. Sehingga Kabupaten Karawang terhindar dari wabah Covid 19.(Bob)