Waspada Corona, Mendagri Segera Terbitkan Surat Larangan Kunjungan Kepala Daerah Ke Luar Negeri

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Waspada Corona, Mendagri Segera Terbitkan Surat Larangan Kunjungan Kepala Daerah Ke Luar Negeri

Saturday, March 14, 2020
KARAWANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyatakan segera menerbitkan surat larangan kunjungan Kepala Daerah ke luar negeri sebagai langkah antisipasi menyebarnya virus corona.

Pernyataan ini disampaikanya saat menghadiri Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional Tahun 2020 ke-48 tahun yang dipusatkan di Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang Jawa Barat,  Sabtu (14/3/2020) pagi.

"Surat larangan ini berakhir sampai waktu yang ditentukan," ucap Tito dalam sambutanya.

Kata Tito, dari 193 negara yang dikenal. Kini, 121 negara penduduknya dikabarkan terpapar virus corona. Untuk itu, salah satu upayanya adalah meminta para Kepala daerah untuk menunda agenda kunjungan ke luar negeri supaya tidak tertular.

"Jangan sampai terpapar virus corona disana dan tidak bisa kembali ke Indonesia karena diisolasi. Nanti itu bisa mengganggu banyak agenda di daerahnya sendiri," ujar mantan Kapolri ini.

Kendati demikian, Tito tetap meminta semua pihak tidak panik menghadapi kejadian virus corona. Pasalnya, tingkat penyebab kematian pada pasien yang terpapar virus tersebut sangatlah kecil dibandingkan dengan tingkat kesembunanya.

"Untuk penyebab kematian itu sangat kecil jika dibandingkan dengan virus MARS atau TBC. Tingkat kesembuhanya jauh lebih besar. Maka, saya sarankan agar kita menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Tingkatkan ibadah berserah pada yang maha kuasa agar tidak stres, karena jika stres hilang kekebalan tubuh akan meningkat," paparnya. (FW)