Dinkes Karawang Pandu Masyarakat Buat Penyemprotan Disinfektan

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Dinkes Karawang Pandu Masyarakat Buat Penyemprotan Disinfektan

Wednesday, March 18, 2020
KARAWANG -  Guna antisipasi penyebaran virus corona Covid -19, Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang menghimbau seluruh masyarakat untuk melakukan disinfektan secara mandiri dengan langkah sesuai prosedur.

" Sasaran penyemprotan disinfektan  yaitu pada lantai ,dinding ,meja ,kursi lemari dan perabotan rumah tangga serta disinfektan benda yang paling sering bersentuhan dengan tangan,"tutur (plt)Kepala Dinas Kesehatan dr. H.Nurdin disela sela kegiatan penyemprotan disinfektan di Mesjid Peruri,Rabu (18/03/2020).

Menurut dr.Nurdin  adapun jenis disinfektan yang dapat digunakan seperti pemutih dengan takaran dua sendok makan per 1 liter air, karbol dengan takaran dua sendok makan per 1 liter, dan pembersih lantai dengan takaran tutup botol per 5 liter.

Sementara, untuk langkah-langkah dilakukannya penyemprotan disinfektan masyarakat harus menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan dan masker sekali pakai saat melakukan disinfeksi.

Kemudian persiapkan tisu, kain mikrofiber, botol spayer atau tangki alat penyemprot hama / power sprayer. Selanjutnya persiapan cairan disinfektan yang akan digunakan sesuai dengan takaran yang telah ditetapkan.

Bagi penggunanaan mikrofiber ,rendam kain mikrofiber ke dalam air yang telah berisi disinfektan .Lalu  pengelapan pada lingkungan permukaan datar dan biarkan tetap basah selama 10 menit.

Untuk disinfektan ventilasi buatan ,sebelum dinyalakan lakukan penyemprotan pada Evaporator ,blower dan penyaringan udara dengan botol sprayer yang telah berisi cairan disinfektan dan dilanjutkan dengan disinfeksi pada permukaan chasing indoor AC .Pada AC central dilakukan disinfeksi permukaan pada mounted dan kisi-kisi exhaust dan tidak perlu dibilas.

Untuk disinfeksi peralatan kerja pribadi dapat menggunakan cairan disinfektan personal pada saat sebelum digunakan untuk bekerja.
Frekuensi disinfeksi ini dilaksanakan minimal sebelum jam kerja ,saat jam istirahat dan setelah jam kerja .Dengan maksimal disinfeksi selama 2 jam sekali. Selalu melaksanakan cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir sebagai bentuk personal hygiene dari bekerja.

Dia menambahkan pihaknya melakukan penyemprotan diberbagai tempat untuk mengurangi bahaya mikroorganisme, khususnya dilokasi fasilitas umum seperti rumah ibadah atau mesjid-mesjid.
"Saat ini dilakukan di fasilitas umum di lokasi rumah ibadah  ," ujar Plt. dr.Nurdin saat melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di Mesjid Peruri, Rabu (18/3).

Disebutkan, penyemprotan
disinfektan ini merupakan langkah awal penanganan virus corona sesuai himbauan pemerintah. Pihaknya  bersama sejumlah personil dari TNI Kodim 0604 dan Polres Karawang melakukan penyemprotan disinfektan.

Selain di fasilitas umum, pihaknya juga  menyisir ke lokasi fasilitas publik seperti kantor,sekolah dan fasilitas lainnya. (Bob)