April Ini PWI Karawang Gelar UKW 2020 -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

April Ini PWI Karawang Gelar UKW 2020

Wednesday, March 18, 2020
KARAWANG - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karawang bakal menggelar uji kompetensi wartawan (UKW). Tersedia kuota untuk 60 orang. Dalam UKW kali ini,
diprioritaskan untuk wartawan yang bertugas di Karawang.

"Peserta harus menunjukkan surat pernyataan dari pimpinan redaksi kantor media tempatnya bekerja," kata Teguh Purwahandaka, ketua pelaksana UKW PWI Karawang 2020.

Bagi wartawan yang berminat ikut UKW, bisa langsung mendaftar secara daring melalui link http://bit.ly/UKW2020PWIKRW. Dalam link itu, terdapat formulir dan sejumlah syarat yang wajib diisi.

Selain itu, calon peserta harus mengirim formulir fisik ke sekretariat PWI di Jalan Malabar nomor F12, Perum Karang Indah, Kelurahan Karangpawitan, Karawang Barat.
Jangan lupa, lampirkan pas foto 3x4 dan 4x6 masing-masing 10 lembar dwngan latar belakang warna merah. Foto menggunakan pakaian formal.

Ketua PWI Karawang, Aep Saepullah menuturkan, UKW ketiga di Karawang ini bertujuan untuk menguji kapasitas dan keterampilan wartawan Karawang saat bertugas sehari-hari.

Aep menegaskan, pelaksanaan UKW itu merupakan tindaklanjut kesepakatan pimpinan media massa dan organisasi pers, untuk menerapkan standar kompetensi bagi wartawan di Indonesia yang tertuang dalam Piagam Palembang, dan dikukuhkan oleh keputusan Dewan Pers.

Menurut Aep, PWI sebagai organisasi pers wajib melaksanakan dan menjalankan ketentuan dan kesepakatan yang ditetapkan oleh Dewan Pers. Apalagi PWI telah ditetapkan sebagai organisasi yang berhak melaksanakan sertifikasi bagi para anggotanya maupun jurnalis umumnya.

Dengan UKW dan sertifikasi kata Aep, wartawan di Karawang telah memiliki kompetensi standar saat bertugas.
"Jadi UKW dan sertifikasi bukan untuk membatasi hak para wartawan saat melaksanakan tugas jurnalistik sehari-hari," kata Aep. ( FW).