Sony Hersona : Money Politik Dapat Merusak Tatanan Demokrasi -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Sony Hersona : Money Politik Dapat Merusak Tatanan Demokrasi

Thursday, February 6, 2020
KARAWANG - Guru Besar Universitas Singaperbangsa (Unsika) Kabupaten Karawang DR. Sony Hersona menyebutkan bahwa money politik akan merusak tatanan budaya Demokrasi. Jika hal itu dibiarkan terjadi, sudah tentu tidak akan terwujud clean goverment dan clean governounce.

Ia berpendapat, money politik dibersihkan secara tuntas tidak mungkin bisa, namun untuk meminimalisir tindakan money politik dalam pesta demokrasi di pilkada yaitu harus ada kerja yang simultan dari seluruh potensi yang dimiliki Kabupaten Karawang.

"Kita harus mensosialisasikan secara intens ke semua elemen masyarakat bahwa money politik itu merupakan tindak pidana ," ungkapnya usai menghadiri Rapimda dan Pelantikan Pengurus KNPI Kecamatan, bertempat di Hotel Akyasa, Kamis (6/02/2020)

Disebutkan, dalam menghadapi pemilukada Karawang banyak pihak yang harus memberikan pencerahan berupa pendidikan politik kepada masyarakat tentang  hakekat demokrasi, sehingga akan merubah mindset masyarakat dan nantinya masyarakat akan memahami bahayanya money politik yang sudah membudaya tersebut.

"Dengan begitu lambat laun budaya money politik itu akan hilang," Ujarnya.

Dilanjutkannya, banyak sistem dan regulasi yang harus dirubah, misalnya saja ketika terjadi sengketa pilkada soal kasus money politik itu hingga sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK), kemudian ternyata MK tidak memberikan keputusan yang jelas karena oknum pelakunya adalah simpatisan.

"Itu salah satu contoh kastuistis yang ada, saya kira sistem dan regulasi ini harus dipertegas lagi dalam aturan pemilukada," Pungkasnya. (Bob)