Diguyur Hujan Seharian, Cilamaya Wetan Tergenang Banjir

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Diguyur Hujan Seharian, Cilamaya Wetan Tergenang Banjir

Thursday, February 6, 2020
Karawang- Hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat seharian menyebabkan ribuan rumah di dua dusun Desa Tegalwaru, Kecamatan Cilamaya Wetan tergenang banjir.

Camat Cilamaya Wetan Basuki Rachmat mengatakan banjir terjadi di Dusun Cipancuh dan Perumahan Pratama Permai. Banjir tersebut terjadi karena luapan Sungai Cilamaya. Banjir tersebut mengakibatkan 518 rumah terendam banjir dan 1.700 jiwa harus mengungsi.

"Para warga sementara diarahkan untuk mengungsi di sejumlah Masjid," ungkap Basuki, Kamis (6/2/2020).

Ia mengungkapkan luapan terjadi karena Bendungan Barugbug tidak mampu menampung air, sehingga seluruh pintu air dibuka dan menyebabkan Sungai Cilamaya meluap.

"Bendungan Barugbug tidak menampung, pintu air kemudian dibuka, sehingga Sungai Cilamaya meluap dan menyebabkan banjir," katanya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Yasin Nasrudin menyatakan sejumlah wilayah yang terendam banjir di Karawang diantaranya Desa Sukamekar Kecamatan Jatisari, Desa Gempolkolot Kecamatan Banyursari.

"Lalu ada Desa Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan. Kemudian Desa Kamurang dan Desa Parakanmulya Kecamatan Tirtamulya," ucapnya. (FW)