Sidak Harga Cabai, Kepala Disperindag Menilai Kenaikan Harga Cabai Akan Berlangsung Lama

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Sidak Harga Cabai, Kepala Disperindag Menilai Kenaikan Harga Cabai Akan Berlangsung Lama

Sunday, January 19, 2020
Karawang- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang, Jawa Barat memprediksi kenaikan harga komoditas cabai bakal berlangsung lama. Mengingat musim penghujan yang bakal berlangsung hingga dua bulan kedepan dan berakhir jelang lebaran.

"Kenaikan ini dipicu cuaca, sehingga pasokan cabai memang sedikit dan harganya melonjak. Kenaikan harga kemungkinan akan berlangsung lama, karena musim penghujan masih berlangsung hingga dua bulan kedepan hingga menjelang lebaran," kata Kepala Disperindag Karawang, Ahmad Suroto disela melakukan sidak di Pasar Baru Karawang, Senin (20/1/2020).

Suroto mengatakan saat ini harga cabai rawit merah mencapai Rp75.000 perkilogram dari harga Rp40.000 perkilogram. Lalu cabai rawit biasa Rp65.000 perkilogram dari sebelumnya Rp35.000 perkilogram dan harga cabai merah keriting Rp55.000 perkilogram yang sebelumnya Rp30.000 perkilogram.

"Ini memang karena siklus alam. Jadi kami rasa tidak ada upaya penimbunan," katanya.

Ia sendiri mengaku belum mengetahui pasti cara untuk menurunkan harga komoditas cabai yang diperediksinya bakal terus melonjak naik.

"Kalau operasi pasar itu bisa dilakukan nanti saat menjelang lebaran," katanya. (FW)