Petani Gagal Panen, Harga Cabai Rawit dan Cabai Merah Meroket -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Petani Gagal Panen, Harga Cabai Rawit dan Cabai Merah Meroket

Sunday, January 19, 2020
Karawang- Kelangkaan harga cabai rawit merah dan cabai merah menyebabkan keresahan pedagang sayur di Karawang, Jawa Barat. Akibatnya komoditas sayuran itu meroket naik di pasar.

Seperti diakui pedagang Pasar Johar Karawang, Mukidi, saat ini harga cabai rawit merah mencapai Rp70.000 perkilogram dari sebelumnya hanya Rp35.000 perkilogram.

Sedangkan, harga cabai merah biasa saat ini mencapai Rp60.000 per kilogram dari sebelumnya hanya Rp25.000 perkilogram. Kenaikan harga cabai, dikatakan Mukidi sudah terjadi sejak satu pekan terakhir.

"Harganya melonjak, karena dari Pasar Induk Cikopo sudah naik dan barangnya memang sedikit," kata Mukidi, Minggu (19/1/2020).

Mukidi mengaku untuk membeli cabai di pasar induk, ia harus berebut dengan pedagang lainnya. Setiap hari saat ini ia hanya membeli cabai 60 kilogram yang biasanya ia memesan 100 kilogram perhari.

"Mungkin naiknya harga dan kelangkaan disebabkan karena gagal panen di musim hujan," terang dia.

Secara penjualan, Mukidi mengaku tidak ada masalah. Para konsumen tetap membelinya kendati harga yang meroket. Hanya saja, takaran konsumen berkurang dari biasanya.

"Dari belinya 1 kilogram, paling hanya setengah kilogram," kata dia. (FW)