Mapala Bantu BPBD Tangani Banjir

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Mapala Bantu BPBD Tangani Banjir

Senin, 06 Januari 2020



KARAWANG - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Singaperbangsa Karawang (Mapalaska) bantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang dalam menangani banjir yang datang di awal tahun 2020 kemarin. Terhitung sejak, (2/1) Mapalaska menerjunkan 13 personel untuk tanggap bencana di daerah Karawang dan Kabupaten Bekasi hingga sekarang.

"Personel kami gabung dan berkoordinasi dengan BPBD Karawang di Posko Induk Karangligar. Mereka disebar sesuai kebutuhan seperti jadi petugas assesment, evakuasi dan distribusi logistik ke korban banjir," kata Anisa Salma Febriana yang baru satu hari menjabat sebagai Ketua Adat Mapalaska menggantikan Wido Aria Ritaldi, Senin (6/1).

Menurut Anisa, ada beberapa kendala dalam menyiapkan personel untuk diturunkan dalam tanggap bencana banjir. Kendala tersebut merupakan dampak dari kejadian maut di Goa Lele. Kendati belum ada konfirmasi langsung, namun rata-rata pihak orang tua dari para Anggota Mapalaska tidak mengizinkan dahulu untuk berkegiatan.

"Praduga kami, ada orang tua tidak mengizinkan anaknya (anggota Mapalaska) untuk berkegiatan terlebih dahulu. Sehingga, kami hanya mengirimkan personel yang sedikit. Kami pun sangat memaklumi itu," ungkapnya.

Mapalaska tidak hanya menurunkan anggota dalam proses penanganan korban bencana di kabupaten karawang saja, namun juga mengirimkan anggota ke Bencana Banjir Jabodetabek yang tergabung dengan Mapala se-Jabodetabeka.

“Kami memang sebelumnya sudah mencoba untuk menyiapkan sumber daya manusia yang tanggap bencana alam, salah satunya bencana banjir. Karena kejadian bencana banjir khususnya di Kabupaten Karawang hampir terjadi setiap tahun," ungkapnya. (FW)