Desa Dulu Mekarkan Baru Cikampek -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Desa Dulu Mekarkan Baru Cikampek

Saturday, January 25, 2020
KARAWANG – DPRD Kabupaten Karawang meminta wacana DOB ( Daerah Otonom Baru) Cikampek tidak dilakukkan secara tergesa-gesa. Alasannya karena proses pemekaran tersebut membutuhkan persiapan yang sangat matang, sehingga ketika hal tersebut diwujudkan, Cikampek betul-betul sudah bisa berjalan sendiri lepas dari Karawang. Pemkab Karawang sebaiknya saat ini lebih fokus untuk melakukan pemekaran terhadap desa- desa yang mengalami kepadatan populasi penduduk.
“Saya bukan tidak setuju dengan pemekaran Kabupaten Karawang, tapi sebaiknya itu tidak dilakukan secara tergesa-gesa. Pemkab Karawang saat ini lebih bagus fokus untuk melakukan pemekaran terhadap desa yang sudah mengalami kepadatan penduduk. Ini juga faktor yang menjadi penilaian untuk menjadikan Cikampek berpisah dari Karawang,” kata Ketua Komisi I DPRD Karawang, Budianto.
Menurut Budianto, DPRD  tidak mempersoalkan jika Kabupaten Karawang mengalami pemekaran dan Cikampek dan beberapa kecamatan lainnya membetuk DOB . Hanya saja banyak aspek yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum menjadi DOB. Oleh karena itu Pemkab Karawang sudah seharusnya menyelesaikan sejumlah agenda yang mendukung DOB Cikampek. “Salah satunya yaitu pemekaran desa-desa yang sudah padat penduduknya. Jika tidak dimekarkan pelayanan tidak akan maksimal,” katanya.
Budianto mengatakan, jika pemekaran ditingkat desa sudah berhasil dijalankan maka pemekaran ditingkat kabupaten akan semakin mudah karena setiap desa sudah ditata dengan baik. “Benahi dulu desa-desanya, setelah itu baru kita melangkah ketingkat kabupaten,” katanya.   (FW)