Dari Sarjana Hingga Doktor Melamar Jadi PPK

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Dari Sarjana Hingga Doktor Melamar Jadi PPK

Sunday, January 26, 2020

KARAWANG – Menjadi petugas Panitia Pemilihan Kecamatan untuk Pilkada 2020 ternyata banyak diminati masyarakat Karawang.

Buktinya setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang membuka lowongan bagi anggota PPK di setiap kecamatan, pesertanya membeludak dari perkiraan sebelumnya.

Herannya lagi peserta yang mendaftar bukan hanya lulusan SMA atau SMK, bahkan para sarjana dan master universitas ikut melamar menjadi anggota PPK.

Plt Sekretaris KPU Karawang Geri Samrodi mengatakan, jumlah pelamar yang terdaftar mencapai 300 orang. Jumlah tersebut terhitung membeludak dibandingkan rekuitmen tahun-tahun sebelumnya.

Menueut Geri, peserta yang melamar tidak hanya didominasi oleh lulusan SMA sederajat, tapi juga kalangan sarjana hingga doktor  ikut mendaftar menjadi peserta PPK.

“ Lulusan S1 hingga S3 juga ada yang mendaftar walaupun jumlahnya tidak banyak. Tapi ini baru pertama kali terjadi setelah beberapa kali kami buka lowongan,” kata Geri, Minggu (26/1/20).

Menurut Geri, setiap kecamatan akan dipilih lima orang yang akan menjadi anggota PPK setelah dinyatakan lulus tes yang dilaksanakan KPU. Meski jumlah peserta kali ini cukup banyak namun proses rekuitmen PPK tetap sesuai jadwal yang ditentukan.

“ Tidak pengaruh karena kami sudah menggunakan sistem CAT, dimana hasil seleksi akan bisa dilihat langsung. Dengan sistem ini lebih mudah kita menjaring calon anggota PPK yang kredibel,” katanya.

Geri mengatakan meski banyak  lulusan sarjana hingga dokter namun tidak otomatis mereka akan lulus tes. Hasil ujian menggunakan sistem CAT dijamin obyektif, sesuai dengan hasil sebenarnya.

“Kita hanya menunggu hasilnya aja dari sistem  CAT itu siapa yang lulus itu yang akan kita ambil untuk menjadi anggota PPK,” katanya.   (FW)