Atasi Banjir PUPR Lakukan Normalisasi Sungai -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Atasi Banjir PUPR Lakukan Normalisasi Sungai

Friday, January 17, 2020
KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat terus melakukan pengebutan normalisasi sungai untuk mengatasi banjir di Dusun Tegaluhur, Desa Sukamakmur, Telukjambe Timur.

"Untuk saat ini kita mengerjakan yang urgent terlebih dahulu. Kita mengerjakan normalisasi di Sungai Kedunghurang untuk membantu mempercepat surutnya air di Tegaluhur,"kata Kepala Bidang Sumberdaya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karawang, Dudi Rahmat Hidayat, Jumat (17/1/2020).

Dudi mengatakan untuk melakukan normalisasi pihaknya menerjunkan satu buah ekskavator dan satu buah ponton atau tongkang. "Pengerjaan sudah kita lakukan sejak 7 Januari lalu," terangnya.

Sungai Kedunghurang, disebutkan Dudi, sudah mengalami pendangkalan dan penyempitan yang cukup parah. Akibatnya banjir di wilayah Tegaluhur sulit surut karena aliran air terhambat mengalir. "Sedimentasi dan penyempitannya ini yang harus kita tuntaskan," kata dia.

Ia menargetkan untuk pengerjaan normalisasi Sungai Kedunghurang akan dilakukan sepanjang 2 kilometer, dengan kedalaman 1 meter dan lebar mencapai 7 meter.

Sampai saat ini, Dinas PUPR hanya akan melakukan fokus normalisasi di Sungai Kedunghurang, pihaknya belum ada rencana untuk melakukan sungai-sungai lainnya. "Untuk sementara sungai ini dulu," pungkasnya. (FW)