Atasi Banjir Karangligar, Cellica Harapkan Bantuan Pemerintah Pusat

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Atasi Banjir Karangligar, Cellica Harapkan Bantuan Pemerintah Pusat

Sunday, January 5, 2020

KARAWANG - Dalam rangka menangani banjir di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana butuh dukungan penuh dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Hal tersebut disampaikan Cellica pada, Senin (6/1).

Dijelaskannya, pemerintah Kabupaten Karawang tidak bisa sendiri dalam menangani banjir di Desa Karangligar, perlu ada sinergitas antara Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Pusat. Hal tersebut karena menurutnya dibutuhkan kajian yang mendalam dan juga biaya yang besar untuk menyelesaikan permasalah banjir di desa yang diapit dua sungai  yaitu sungai Citarum dan Cibeet.

"Harus ada upaya yang kongkrit dari pemerintah untuk mengatasi masalah banjir di Karangligar melalui kajian yang mendalam dari tenaga ahli. Bukan hanya itu masyarakat disana juga harus memahami masalah banjir Karangligar tidak bisa diatasi sendiri oleh pemerintah kabupaten. Bahkan kemarin saat kunjungan Gubernur Emil juga mengatakan harus ada dukungan dari pemerintah pusat untuk menyelesaikan masalah tersebut secara tuntas," katanya.

Menurut Cellica, berdasarkan hasil kajian diketahui jika wilayah Desa Karangligar berdasarkan peruntukannya sudah tidak cocok lagi menjadi daerah pertanian. Oleh karena itu pemerintah  Kabupaten Karawang saat ini tengah mendorong agar Karangligar dijadikan kawasan wisata.

"Tapi sekali lagi kami harus melakukan kajian terlebih dahulu jka memang peruntukannya akan bergeser. Apalagi kita memiliki Perda LP2B, dimana Karangligar masuk kedalam perlidungan kawasan pertanian. Kalau memang berdasarkan kajian nanti memang akan dijadikan kawasan wisata kita pastinya kan mendorong kesana," ungkapnya.

Cellica juga memastikan aparatnya sudah turun kelapangan membantu masyarakat yang terdampak banjir. Bahkan Cellica mengaku mengontrol langsung bantuan pemerintah berupa logistik dan obat-obata untuk para koprban banjir.

"Saya juga terima kasih kepada jajaran Polres Karawang, Kodim 0604 Karawang serta relawan yang bekerja cepat turun kelapangan membantu masyarakat yang membutuhkan. Tentunya bantuan ini akan memudahkan pemerintah daerah melakukan aksi tanggap darurat saat musim banjir ini," pungkasnya. (FW)