Angin Puting Beliung Terjang Ratusan Rumah Warga -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Angin Puting Beliung Terjang Ratusan Rumah Warga

Thursday, January 9, 2020
KARAWANG - Angin puting beliung menerjang ratusan rumah di dua desa Kecamatan Pedes, Kamis (9/1/2020). Meski tidak ada korban jiwa, namun rumah-rumah penduduk rusak pada bagian atap depan hingga belakang rumah. Warga segera berhamburan keluar rumah saat angin kencang menerjang rumah mereka hingga menimbulkan gemuruh karena genting rumah mereka berterbangan terbawa angin.

Camat Pedes, Furkon mengatakan peristiwa angin puting beliung menimpa dua desa yaitu Desa Sungai Buntu dan Desa Kendal di Kecamatan Pedes. Dari hasil pendataan aparat kecamatan diketahui sebanyak 120 rumah di dua desa tersebut yang menjadi korban angin puting beliung.  Kerusakan yang dialami rumah warga itu bervariatif, namun kebanyakan menimpah atap rumah hingga gentingnya pecah. "Hanya atap rumah yang porak poranda, tidak akan korban luka ataupun korban jiwa. Kami masih melakukan pendataan berapa jumlah kerugian yang dialami warga atas musibah ini," kata Furqon, Kamis (9/1/2020).

Sementara itu salah seorang saksi mata, Castem mengatakan, angin puting beliung datang dari arah belakang pemukiman warga berputa-putar terus melebar hingga sampai kerumah warga. Saking kencangnya angin puting beliung ada sejumlah tembok rumah warga yang roboh diterjang angin. Warga yang panik kemudian berlarian keluar rumah menuju jalan raya. "Kita panik dan takut ada didalam rumah makanya semua warga keluar sambil berlarian," kata Castem.

Castem mengatakan tembok warga yang diterjang anging puting beliung itu kebanyakan merusak tembok bagian belakang. Kemudian tiba-tiba terdengar suara gemuruh genting yang pecah terbawa angin. "Pokoknya berisik karena banyak genting pecah dan berserakan dijalan. Untungnya pecahan itu tidak mengenai warga yang berlindung dijalan," katanya.  (FW)