12 Mantan PPK Bermasalah Mendaftar, KPU Bingung

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

12 Mantan PPK Bermasalah Mendaftar, KPU Bingung

Friday, January 3, 2020
KARAWANG - KPU Karawang siap menolak permintaan 12 orang mantan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk kembali mendaftar sebagai anggota PPK dalam Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 ini. Alasannya karena 12 orang  tersebut pernah tersangkut masalah dalam penyelenggaraan pemilu kemarin. Dalam sidang yang diselenggarakan DKPP ( Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu )memutuskan mereka diputuskan tidak lagi memenuhi syarat sebagai penyelenggara pemilu.

"Mereka menghubungi Ketua KPU melalui telepon menjelaskan mereka akan tetap mendaftar menjadi anggota PPK.  Alasannya putusan DKPP ditujukan untuk penyelenggara pemilu. Sedangkan pendaftaran yang dibuka KPU saat ini untuk penyelenggara Pilkada. Untuk lebih jelasnya kami akan berkirim surat ke DKPP menanyakan soal ini, " kata Plt Sekretaris KPU, Geri Samrodi, Jumat (23/1/2020).

Menurut Geri, pihak KPU memutuskan untuk berkirim surat ke DKPP karena untuk memastikan langkah yang akan diambil oleh KPU sesuai dengan aturan. Apalagi masih terjadi perdebatan tentang  UU. No. 10 tentang Pilkada dan UU. No. 7 tentang Pemilu. " Kita ingin memastikan sandaran hukum yang kita gunakan yang mana, " katanya.

Menurut Geri, jika berpegang putusan DKPP maka KPU pastinya menolak keinginan ke 12 mantan anggota PPK kembali bergabung. Namun jika ingin tetap mendaftar yang akan dibuka 17 Januari nanti pihak KPU tidak bisa menolak. " Kalau mau mendaftar silahkan saja itukan haknya.  Tapi tentunya akan ada proses seleksi untuk memilih yang terbaik ," katanya. (FW)