12 Desa di Kecamatan Cilamaya Wetan Tergenang Banjir -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

12 Desa di Kecamatan Cilamaya Wetan Tergenang Banjir

Thursday, January 9, 2020

KARAWANG- Banjir kembali menerjang Karawang, kali ini terjadi di wilayah Kecamatan Cilamaya Wetan sejak Jumat (10/1). Diketahui banjir tersebut berasal dari pertemuan dua air sungai yang meluap, yaitu sungai Cilamaya dan anak Sungai Kecepet.

Menurut data yang dihimpun Karawang Channel, sedikitnya ribuan rumah dari 12 Desa di Kecamatan Cilamaya Wetan terendam banjir. Sebagian warga memilih mengungsi di tempat pengungsian yang disediakan pemerintah Kecamatan setempat.

"Ada 12 Desa yang terendam banjir, diantaranya Desa Tegalwaru, Mekarmaya, Cilamaya, Muara, Muara Baru, dan Cikarang." ungkapnya.

Bukan hanya rumah warga, banjir tersebut juga menggenangi sejumlah fasilitas umum seperti tempat ibadah, Polsek, dan Sekolah.
"Masih dalam pendataan. Saat ini kami masih fokus melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir," ujar Camat Cilamaya Wetan, Basuki Rachmat,

Menurutnya saat ini ada 2 desa yang belum menerima bantuan berupa logistik karena akses masuk ke Desa Muara dan Muara Baru terputus oleh genangan air.

Sementara itu, Robiatul Adawiyah, salah seorang warga Desa Cilamaya mengatakan, luapan air Cilamaya pertama kali menggenangi Perumahan Pratama Permai yang berlokasi di Desa Tegalwaru. Kemudian genangan bajir meluas hingga ke Dusun Kecepet, Desa Mekarmaya dan bergerak deras hingga ke Dusun Bojong, Desa Cilamaya.

"Saat ini, air sudah menggenangi pertokoan, sehingga toko-toko pada tutup. Kami khawatir bajir terus naik. Sementara ini kami hanya bisa bertahan di rumah masing-masing," katanya. (FW)